SCROOL UNTUK MELANJUTKAN
Ekonomi Bisnis

Cara Bisnis Online Bagi Pemula, Langkah Efektif untuk Sukses di Marketplace dan Media Sosial

Maryono
×

Cara Bisnis Online Bagi Pemula, Langkah Efektif untuk Sukses di Marketplace dan Media Sosial

Share this article
Cara Bisnis Online Bagi Pemula

ABOUTJATIM – Penggunaan internet yang semakin meluas di Indonesia telah membuka peluang baru untuk memulai bisnis tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

Cara bisnis online bagi pemula tersebut kini semakin mudah dengan munculnya berbagai marketplace dan platform online lainnya.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN

Berikut adalah cara-cara yang dapat diikuti untuk memulai bisnis online bagi pemula:

Cara Bisnis Online Bagi Pemula

1. Tentukan produk atau jasa yang akan dijual

Langkah pertama untuk memulai bisnis online adalah menentukan produk atau jasa yang akan dijual. Jumlah pelaku bisnis online semakin banyak sehingga persaingannya semakin ketat.

Oleh karena itu, perhatikan kualitas produk dan jasa yang akan ditawarkan dan pastikan barang yang dijual memiliki nilai tambah yang membuatnya berbeda dari toko online lainnya.

2. Buat media sosial dan marketplace

Sebagai pemula, membuat media sosial dan berjualan melalui platform marketplace dapat menjadi langkah awal yang efektif.

Banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak yang dapat digunakan tanpa biaya pendaftaran sekaligus dapat menghemat pengeluaran untuk membuat website dari awal.

Untuk berjualan di marketplace, pengguna hanya perlu memberikan informasi dan persyaratan yang memanggil pendaftaran, kemudian mendesain toko, dan menambahkan foto produk serta harga.

3. Membangun Brand

Pembuatan brand adalah hal yang penting bagi keberhasilan pemula dalam berbisnis online. Dalam hal ini, perhatikan konsep visual yang baik dan konsisten dari konten media sosial hingga beberapa bahan promosi seperti brosur.

Berikan informasi mendetail dan jangan lupa untuk memberikan testimoni dari konsumen yang telah membeli produk, karena konsumen lebih cenderung mempercayai bisnis dengan rating tinggi.

4. Memperluas Pasar

Setelah berhasil berjualan pada platform marketplace, pemula dapat mulai memperluas pasar dengan membuat website.

Website yang dibangun senyatanya menjadi salah satu cara untuk memperkuat brand yang telah dibuat, sehingga memungkinkan konsumen untuk terus mengingat dan mengecek toko yang dibangun, yang menjadi perpanjangan tangan dari media sosial dan marketplace.

Dengan pengunjung yang terus bertambah, pemula semakin mudah untuk memperoleh konsumen baru dan membuat produk yang di jual bisa terus berkembang.

5. Menjaga Kualitas Produk dan Pelayanan

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kualitas produk yang dijual serta memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Jika dipelihara dengan baik, kepercayaan konsumen akan meningkat dan berdampak pada kenaikan penjualan.

Perlu diketahui bahwa konsumen yang puas dengan pelayanan dan kualitas produk biasanya akan melakukan pembelian kembali di toko tersebut dan memberikan testimoni yang baik.

6. Belajar dan Berkembang

Dalam bisnis online, perkembangan dan perubahan sangat cepat. Sebagai pemula, tidak perlu takut untuk belajar hal-hal baru dan berkembang dengan cara memperbarui produk dan layanan.

Dapat mencari ilmu dari buku, event, website, maupun melalui mentor-mentor bisnis online terdekat. Kesempatan untuk belajar dan berkembang dalam bisnis online memang sangat banyak.

Kesimpulannya, untuk memulai bisnis online, diperlukan kesabaran, keyakinan, dan kemampuan untuk memanfaatkan platform daring dalam memasarkan produk atau jasa.

Dibutuhkan waktu dan usaha dalam membangun bisnis online, namun jika ditekuni dengan benar, keuntungan yang didapatkan bisa sangat signifikan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berkembang agar bisnis semakin baik.

FAQs

1. Apa langkah pertama yang harus diambil untuk memulai bisnis online?

– Langkah pertama adalah menentukan produk atau jasa yang akan dijual.

2. Apakah bisa memulai bisnis online tanpa modal?

– Bisa, dengan memanfaatkan platform marketplace atau sosial media yang dapat digunakan secara gratis.

3. Apa yang harus diperhatikan dalam membuat brand untuk bisnis online?

– Perhatikan konsep visual yang baik dan konsisten serta berikan informasi mendetail dengan memberikan testimoni dari konsumen yang telah membeli produk.

4. Apa keuntungan membuat website dalam bisnis online?

– Dapat memperkuat brand dan memungkinkan konsumen untuk terus mengingat serta mengecek toko, serta memperoleh konsumen baru.

5. Bagaimana cara untuk memperluas pasar pada bisnis online?

– Pemula dapat memperluas pasar dengan membuat website, juga dengan menjaga kualitas Produk dan Pelayanan baik.

***

Dapatkan berita terbaru dari About Jatim di: