SCROOL UNTUK MELANJUTKAN
Ekonomi Bisnis

Cara Jualan di Shutterstock, Panduan Lengkap

Sriyani
×

Cara Jualan di Shutterstock, Panduan Lengkap

Share this article

Cara jualan di shutterstock – Ingin menghasilkan uang dari hobi fotografi Anda? Shutterstock menawarkan platform bagi fotografer dan ilustrator untuk menjual karya mereka dan mendapatkan penghasilan pasif. Panduan komprehensif ini akan memandu Anda melalui setiap langkah proses, mulai dari membuat akun hingga mengoptimalkan gambar Anda untuk penjualan.

Dengan lebih dari 300 juta gambar dan video, Shutterstock adalah salah satu pasar konten stok terbesar di dunia. Ini memberikan peluang besar bagi kreator untuk menjangkau audiens yang luas dan memonetisasi karya mereka.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN

Panduan Langkah-demi-Langkah Menjual di Shutterstock

Cara Jualan di Shutterstock, Panduan Lengkap

Memulai bisnis jualan foto di Shutterstock tidaklah rumit. Platform ini menawarkan cara mudah bagi fotografer dan seniman untuk menjual karya mereka secara online. Berikut adalah langkah-langkah utama yang perlu Anda ikuti:

Membuat Akun

Kunjungi situs web Shutterstock dan klik tombol “Daftar”. Masukkan informasi pribadi Anda, termasuk nama, alamat email, dan kata sandi. Anda juga harus menyetujui persyaratan layanan.

Mengunggah Gambar

Setelah akun Anda disetujui, Anda dapat mulai mengunggah gambar Anda. Klik tombol “Unggah” dan pilih file dari komputer Anda. Pastikan gambar Anda memenuhi persyaratan Shutterstock untuk kualitas dan resolusi.

Menambahkan Metadata

Setelah gambar Anda diunggah, Anda perlu menambahkan metadata. Ini termasuk judul, deskripsi, kata kunci, dan kategori. Metadata membantu pembeli menemukan gambar Anda, jadi penting untuk memilihnya dengan cermat.

Memilih Kategori dan Tag

Shutterstock memiliki berbagai kategori gambar, seperti alam, orang, makanan, dan teknologi. Pilih kategori yang paling sesuai dengan gambar Anda. Anda juga dapat menambahkan tag untuk membantu pembeli menemukan gambar Anda dengan lebih mudah.

Mengoptimalkan Gambar

Untuk meningkatkan visibilitas gambar Anda, penting untuk mengoptimalkannya untuk mesin pencari. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang relevan dalam judul, deskripsi, dan tag Anda. Anda juga dapat menggunakan teknik pengoptimalan gambar seperti mengompresi file dan menggunakan nama file yang deskriptif.

Strategi Pemasaran untuk Menjual di Shutterstock

Cara jualan di shutterstock

Memasarkan portofolio Shutterstock secara efektif sangat penting untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan. Berikut beberapa strategi pemasaran yang dapat membantu:

Promosi Media Sosial

Promosikan karya Anda di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Gunakan tagar yang relevan dan sertakan tautan ke portofolio Anda.

Pemasaran Email

Buat daftar email pelanggan potensial dan kirim buletin yang menampilkan karya terbaru Anda, penawaran khusus, dan tips bermanfaat.

Jaringan

Hadiri acara industri dan pameran dagang untuk terhubung dengan pembeli potensial. Berpartisipasilah dalam forum online dan grup untuk mempromosikan karya Anda.

Hubungan Pelanggan

Bangun hubungan positif dengan pelanggan dengan menanggapi pertanyaan mereka dengan cepat, menyelesaikan masalah secara efektif, dan meminta umpan balik untuk meningkatkan layanan Anda.

Ulasan Positif

Dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan positif di portofolio Anda. Ulasan positif membangun kredibilitas dan membantu meningkatkan visibilitas Anda.

Memahami Persyaratan Konten Shutterstock

Shutterstock sell dmitriy

Shutterstock memiliki pedoman konten yang ketat untuk memastikan kualitas dan keaslian gambar yang diunggah. Gambar harus memenuhi persyaratan teknis dan editorial tertentu agar dapat diterima.

Jenis Gambar yang Laris

Gambar yang laris di Shutterstock biasanya beresolusi tinggi, fokus yang tajam, dan menggambarkan konsep yang populer. Tema umum yang dicari antara lain:* Orang-orang

  • Alam
  • Perjalanan
  • Makanan
  • Bisnis

Jenis Gambar yang Tidak Diperbolehkan

Shutterstock tidak menerima gambar yang melanggar hukum, menyinggung, atau berisi konten dewasa. Beberapa jenis gambar yang tidak diperbolehkan antara lain:* Gambar yang mengandung kekerasan atau gore

  • Gambar yang mengandung pornografi atau ketelanjangan
  • Gambar yang menggambarkan ujaran kebencian atau diskriminasi
  • Gambar yang dilindungi hak cipta atau merek dagang

Contoh Gambar yang Memenuhi Persyaratan

Contoh gambar yang memenuhi persyaratan Shutterstock meliputi:* Gambar seorang wanita tersenyum dengan latar belakang pantai yang indah

  • Gambar pegunungan yang megah dengan langit biru cerah
  • Gambar hidangan pasta yang lezat dan disajikan dengan baik
  • Gambar seorang pengusaha yang sedang melakukan presentasi di depan timnya

Kiat untuk Menghasilkan Penghasilan dari Shutterstock

Cara jualan di shutterstock

Menghasilkan penghasilan pasif dari Shutterstock bisa menjadi cara yang menarik bagi fotografer dan desainer untuk memaksimalkan potensi gambar mereka. Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan penghasilan dari platform ini:

Identifikasi Topik Populer

Keberhasilan di Shutterstock sangat bergantung pada kemampuan mengidentifikasi topik yang diminati pasar. Teliti tren saat ini, kata kunci populer, dan topik yang sedang hangat di industri Anda. Alat seperti Google Trends dan Shutterstock Insights dapat membantu Anda mengidentifikasi area fokus yang menjanjikan.

Konsistensi dan Kualitas

Mengunggah konten secara teratur dan menjaga kualitas gambar sangat penting untuk membangun pengikut dan menghasilkan penghasilan yang stabil. Buat jadwal unggah yang konsisten dan pastikan gambar Anda memenuhi standar teknis dan estetika Shutterstock.

Pelacakan dan Optimasi

Pantau kinerja gambar Anda menggunakan dasbor Shutterstock. Lacak unduhan, pendapatan, dan kata kunci yang terkait dengan gambar Anda. Analisis data ini untuk mengidentifikasi gambar berkinerja terbaik dan optimalkan konten Anda sesuai kebutuhan untuk meningkatkan visibilitas dan penghasilan.

Memahami Model Royalti dan Harga Shutterstock: Cara Jualan Di Shutterstock

Model royalti Shutterstock didasarkan pada konsep pembagian pendapatan antara kontributor dan platform. Kontributor menerima persentase dari setiap penjualan gambar mereka, sementara Shutterstock menyimpan persentase sisanya untuk biaya operasional dan pemasaran.

Struktur Harga

Shutterstock menawarkan berbagai paket harga untuk memenuhi kebutuhan kontributor yang berbeda. Paket-paket ini berkisar dari langganan dasar gratis hingga paket premium dengan fitur tambahan.

Bagi yang memiliki hobi fotografi, ada dua platform yang bisa dimanfaatkan untuk menjual foto secara online , yaitu Shutterstock dan GettyImages. Kedua platform ini memiliki sistem dan kebijakan yang berbeda, sehingga penting untuk mempelajari cara menjual foto di GettyImages dengan tepat agar dapat memaksimalkan potensi penghasilan dari hobi fotografi Anda.

Paket Biaya Fitur
Dasar Gratis Unggah hingga 10 gambar
Pemula $29/bulan Unggah hingga 250 gambar, unduhan tidak terbatas
Plus $99/bulan Unggah hingga 750 gambar, unduhan tidak terbatas, dukungan prioritas
Pro $199/bulan Unggah tidak terbatas, unduhan tidak terbatas, alat pengeditan lanjutan

Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan, Cara jualan di shutterstock

Pendapatan yang dihasilkan kontributor dari penjualan gambar di Shutterstock dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk:*

-*Kualitas gambar

Gambar berkualitas tinggi dengan komposisi yang baik, pencahayaan yang tepat, dan resolusi yang memadai akan cenderung lebih laku.

  • -*Relevansi kata kunci

    Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner, membuat es krim Milo untuk dijual bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Selain itu, membuat es kue juga dapat menjadi alternatif bisnis yang menggiurkan.

    Menggunakan kata kunci yang relevan dalam judul dan deskripsi gambar akan membantu meningkatkan visibilitas dan penjualan.

  • -*Tren pasar

    Gambar yang mengikuti tren pasar saat ini lebih mungkin diminati dan terjual.

  • -*Persaingan

    Jumlah kontributor dan jumlah gambar yang tersedia di Shutterstock dapat mempengaruhi tingkat persaingan dan pendapatan.

Ulasan Penutup

Upload shutterstock videos stock sell

Menjual di Shutterstock adalah cara yang bagus untuk menghasilkan penghasilan tambahan atau bahkan membangun karier sebagai fotografer stok. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dan memaksimalkan potensi penghasilan Anda.

FAQ Terpadu

Apa persyaratan untuk menjual di Shutterstock?

Anda harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki karya asli berkualitas tinggi yang memenuhi pedoman konten Shutterstock.

Berapa biaya untuk menjual di Shutterstock?

Tidak ada biaya untuk membuat akun dan mengunggah gambar di Shutterstock. Namun, Anda akan dikenakan komisi atas setiap penjualan.

Bagaimana saya mempromosikan portofolio saya di Shutterstock?

Shutterstock menyediakan berbagai alat pemasaran, seperti media sosial, pemasaran email, dan program afiliasi. Anda juga dapat mempromosikan portofolio Anda di platform lain, seperti situs web Anda sendiri atau akun media sosial.

Dapatkan berita terbaru dari About Jatim di: